Sejarah Bisnis Gadai

Sejarah Bisnis Gadai

Praktik bisnis gadai mulai dikenal pada masa Romawi. Sebagian besar peraturan yang diterapkan dalam bisnis gadai di Eropa berasal dari masa tersebut. Jadi sejarah bisnis gadai dimulai di jaman ini. Bisnis gadai modern mulai dikenal di Inggris pada tahun 1338 Masehi, pada masa kekuasaan William The Conqueror. Bisnis gadai ini berkembang menjadi salah satu sumber pendanaan kerajaan Inggris untuk membiayai perangnya.

Raja Edward III, misalnya, menggadaikan perhiasan emas untuk mendapatkan dana bagi pasukannya yang berperang melawan Prancis. Ratu Isabella dari Spanyol juga menggadaikan perhiasan emas untuk mendanai ekspedisi Christopher Columbus menemukan dunia baru. (Sumber: Wikipedia).

Simbol bisnis gadai yang dipakai keluarga Medici yang dianggap sebagai pelopor bisnis gadai di Eropa berbentuk ‘’tiga bola’’. Sampai hari ini, simbol tersebut masih banyak digunakan sebagai simbol rumah gadai (pawnshop).

Perkembangan Bisnis Gadai

Seiring dengan meluasnya pengaruh kekuasaan Romawi ke berbagai wilayah Eropa, maka ketentuan gadai pada awal masa itu menjadi jurisprudensi yang mengatur bisnis gadai selanjutnya.

Pinjam-meminjam uang dengan menarik bunga di Eropa muncul pada sekitar abad 10 dan 11 Masehi. Di antaranya di Kawasan Lombardia, yang sekarang menjadi bagian wilayah Italia.

Baca Juga:
Satu Waktu Indonesia Akan Dikuasai Oleh Taliban

Pada abad XV gereja Katholik juga pernah memiliki industri gadai untuk membantu kelas menengah bawah. Gereja melakukan hal itu setelah melihat sistem bunga yang diberlakukan para tengkulak semakin tak terkendali (money landers).

Kalangan gereja menilai, praktik bunga tinggi menimbulkan kesengsaraan rakyat kecil. Pada perkembangannya, lembaga micro finance itu kemudian menjelma menjadi lembaga formal.

Rumah Gadai Li HongZhang
Rumah Gadai Li HongZhang

Di Tiongkok, bisnis gadai ini tercatat dijalankan sejak Dinasti Qing (1644 – 1911). Bisnis gadai itu dimiliki Li Hongzhang, salah seorang petinggi dalam Dinasti Qing. Bisnis gadai itu, pada masa kini masih dapat dilihat di kota tua Zhegao, Tongyang dan Yuncao.

Jasa gadai merupakan sumber utama untuk mendapatkan pinjaman di Tiongkok pada masa lampau. Rumah gadai milik Li HongZhang memiliki nilai sejarah karena peranan mereka yang besar dalam membangun perekonomian di Cina pada masanya.

Rumah gadai milik Li Hongzhang di Zhegao luasnya mencapai 5000 meter persegi dan di Tongyang mencapai 1000 meter persegi. Sangat besar untuk ukuran rumah gadai masa kini.

Bagikan Artikel Ini:

About the author

Dicky Herlando

Copyright © 2020. IndonesiaLebihBaik.com Allright Reserved.