Peluang Ekspor Indonesia

Peluang Ekspor Indonesia

Kemarin siang ikutan webinar peluang ekspor Indonesia ke Asia Tenggara, Timur Tengah dan Afrika. Materi pembahasan sangat menarik. Apalagi ada beberapa Atase Perdagangan yang ikut hadir dan memberikan akses untuk bertanya mengenai peluang di negara mereka bertugas. Mereka masih muda-muda dan tampak enerjik.

Ada pemaparan tentang surplus perdagangan yang terjadi karena impor Indonesia berkurang. Yang bahaya adalah jika impor barang modal, bahan baku dan bahan penolong dalam produksi yang berkurang. Akan terjadi penghentian produksi serta kegiatan lainnya hingga PHK massal yang timbul karena industri berhenti.

Tantangan Di Sisi Indonesia

Saya melihat sisi lain yaitu “tantangan di sisi Indonesia” dalam memproduksi komoditas untuk diekspor. Di acara tersebut ada beberapa peserta yang memaparkan kendala mereka untuk mengekspor komoditi. Mulai dari bahan kimia untuk menyamak kulit sesuai standar Uni Eropa, volume produksi kerajinan tangan yang tidak sampai 1 kontainer hingga tipe mobil yang cocok untuk Afrika Selatan.

Memang kendala selalu ada disetiap produksi ekspor. Karena mengikuti standar suatu negara bahkan budaya tidak mudah. Persepsi dan tafsir terhadap suatu aturan antara orang kita dengan negara tujuan berbeda. Ada solusinya? Ada banyak sekali, mulai dari mendatangkan QC, instruktur, Surveyor Internasional hingga pejabat karantina negara tujuan.

Tapi situasi di lapangan bisa tiba-tiba berubah. Seperti yang pernah saya lihat di lapangan. Ketika itu saya mengunjungi satu komunitas pengekspor buah-buahan. Mereka sudah dikunjungi QC dan pejabat karantina negara tujuan ekspor, produk mereka serta metode pengemasan sudah disetujui. Ketika berita itu beredar, beberapa pemasok tiba-tiba menaikkan harga dengan berbagai alasan. Tentunya hitungan biaya vs harga menjadi tidak masuk akal, mereka gagal memenuhi komitmen ekspor kepada buyer di negara tujuan.

Baca Juga:
Memahami Utang dan Investasi Secara Idiot

  • Peluang Ekspor Indonesia
  • Peluang Ekspor Indonesia
  • Peluang Ekspor Indonesia

Adalagi negara tujuan yang bisa dengan tiba-tiba mengenakan tarif barang masuk dengan nilai yang tinggi. Bayangkan, pengiriman dari Indonesia dengan biaya transportasi tinggi dan waktu yang cukup lama sampai 45 hari! Ketika komoditi ekspor sedang dalam perjalanan, tiba-tiba negara tujuan yang tadinya tarif 0% merubah jadi 10% misalnya. Bisa minus pendapatan eksportir, nah pastinya Atase Perdagangan Indonesia di negara tujuan harus lakukan tindakan menyelamatkan sang eksportir.

Masih banyak sekali kendala yang harus diselesaikan karena hukum perdagangan internasional bisa beragam. Ayo kita bantu negara kita dengan memproduksi komoditi ekspor sebanyak mungkin, membuka peluang ekspor Indonesia sebanyak-banyaknya, karena banyak sekali yang dibutuhkan negara-negara lain di luar sana!

Sumber: Facebook – Diskusi Dengan Babo

Bagikan Artikel Ini:

About the author

Peter White

Copyright © 2020. IndonesiaLebihBaik.com Allright Reserved.