Bagaimana Developer Game Mendapatkan Penghasilan

Game Developer

Bagaimana pendapatan seorang developer game? Mungkin menjadi pertanyaan untuk orang yang bermaksud masuk di bidang ini ataupun orang yang terkadang tanpa sadar memikirkannya. Di artikel kali ini saya ingin sharing informasi mengenai peluang pendapatan para pengembang ini. Mungkin bisa jadi alternatif rekan-rekan yang bermaksud masuk diprofesi ini.

Menurut yang saya ketahui, para developer game bisa memperoleh pendapatan saat menjual game, menjual item dalam game dan dari sponsor, tidak ketinggalan bagi para penggila main game-pun sekarang ini sedang rame-ramenya orang membahas fenomena main game dapat uang, tapi yang ini akan saya ulas lebih lengkap pada tulisan terpisah. Kok bisa? Saya akan bahas pada postingan ini.

Menghasilkan Uang Dari Menjual Game

Cara yang paling simpel adalah menjual game untuk memperoleh uang. Anda cukup membuat game dan menjualnya. Anda sebagai developer akan memperoleh penghasilan dari setiap penjualan game.

Kesulitan utama saat penjualan game ini adalah pembajakan. Seringkali para developer game merugi akibat kelakuan para cracker yang menyebarkan versi crack dari game yang baru. Bahkan terkadang dalam hitungan jam di hari yang sama dengan perilisan game, versi crack telah ada dan siap di download. Developer game besar saja bisa kecolongan secepat itu, apalagi developer game kecil.

Kalau gamenya gratis, terus para pengembang bisa mendapatkan pendapatan dari mana? Setidaknya ada dua pilihan yang bisa dijadikan opsi oleh para developer game untuk memperoleh pendapatan dari game yang telah mereka edarkan secara gratis. Salah satunya dengan menjual item premium seperti yang ada pada Game Clash of Clans, atau dengan memasang iklan seperti yang ada pada game Flappy Bird.

Developer Game Dapat Menjual Karakter Premium

Sekarang ini kamu bisa mengunduh banyak opsi game gratis dengan berbagai macam genre, salah satunya game Dota 2 yang bisa kamu download dan mainkan secara gratis. Namun pada permainan gratis itu, terdapat beragam pilihan item premium yang harus anda beli menggunakan uang.

Dalam kasus Dota 2, kamu bisa membeli pakaian dari seorang karakter yang kadang bisa menghabiskan uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Anda juga bisa menjual karakter atau item terhadap sesama player dan memperoleh penghasilan dari hasil menjual karakter atau item tersebut. Ini salah satu strategi main game dapat uang, yang lagi ramai jadi perbincangan saat ini.

Baca juga:
Menghasilkan Uang Adalah Sebuah Permainan

Menempatkan Iklan Di Dalam Game

Ini merupakan salah satu cara yang sepertinya paling menguntungkan untuk para developer game, karena melalui cara ini para pengembang dapat memperoleh pendapatan dari para pemasang iklan dan para penggemar game tetap dapat memainkan game secara gratis.

Flappy Bird adalah contoh game yang sukses dengan strategi ini. Sedikitnya Flappy Bird bisa mendapatkan kurang lebih $50.000 per hari ini sama dengan 700 juta rupiah per hari apabila nilai tukar dollar adalah 14.000.

Memasang slot iklan di dalam game adalah strategi yang cocok untuk para developer game mobile yang saat ini sedang tumbuh pesat. Terutama untuk mobile phone seperti Android dan iOS. Ini disebabkan iklan hanya akan muncul jika pengguna terkoneksi pada internet.

Mudah-mudahan sedikit tulisan mengenai bagaimana para developer game memperoleh pendapatan, nanti berikutnya kita ulas bagaimana para penggila game ternyata juga bisa mendapat pendapatan besar dari kegemarannya – main game dapat uang. Semoga artikel ini berguna untuk anda…

Bagikan Artikel Ini:

About the author

Adela Haque

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2021. IndonesiaLebihBaik.com Allright Reserved.