Alternatif ZOOM: Cara Mudah Menggunakan Google MEET

Alternatif Zoom

Google baru-baru ini meng-gratiskan aplikasi Google MEET. Aplikasi video conference atau meeting online ini bisa jadi alternatif Zoom. Google MEET dirancang sangat mudah dan bisa digunakan untuk organisasi/perusahaan dari kecil hingga besar. Penggunaannya sendiri bisa desktop maupun mobile dan semuanya gratis saat ini.

Pengguna cukup memiliki akaun Google, dan dapat menampung hingga 100 orang dalam satu sesi pertemuan virtual.

Bagaimana cara menggunakan Google Meet ini untuk melakukan telekonferensi atau pertemuan baik perusahaan, pendidikan maupun pertemuan dengan kerabat?

Berikut ini beberapa langkah cara mudah menggunakan Google Meet, baik mobile maupun desktop.

KLIK DISINI UNTUK INFORMASI SELENGKAPNYA!

Menggunakan Google Meet Lewat Ponsel

Unduh terlebih dahulu aplikasi Google Meet ke ponsel anda baik di App Store maupun di Google Play, ini tautannya:

Google Meet untuk iOS
Google Meet untuk Android

Setelah diunduh dan aplikasi terpasang di ponsel anda, lalu masuk atau login menggunakan akun Google anda.

Setelah itu buatlah ruang telekonferensi atau pertemuan virtual baru dengan menekan tombol “New Meeting”.

Dihalaman utama virtual meeting Anda akan menemukan tiga Tab, yakni: participant, message, dan information.

Participant – Untuk melihat daftar peserta pertemuan
Message – Untuk mengirim pesan text
Information – Anda bisa mendapatkan kode meeting yang dapat digunakan untuk mengundang peserta meeting. Peserta meeting cukup memasukan kode meeting tersebut dengan menekan tombol “Meeting Code” yang ada di tampilan awal Google Meet untuk bergabung di virtual meeting yang Anda buat (dalam hal ini Anda sebagai Host).

Menggunakan Google Meet Lewat PC/Desktop

Sebagai aplikasi alternatif Zoom, Google Meet juga dapat digunakan lewat PC Desktop atau komputer. Dan penggunanya tidak perlu mengunduh atau memasang aplikasi.

Penggunga cukup meng-akses situ meet.google.com dari browser favorit Anda (lebih disarankan menggunakan Chrome). Lalu Anda tinggal masuk ke layanan Google Meet menggunakan akun Google Anda.

Baca Juga:
Kebocoran Data Telkomsel, Ini Permainan Siapa

Pada halaman utama Google Meet, klik tombol “Start a meeting”, dan ruang virtual meeting akan tersedia untuk Anda. Kemudian izinkan Google Meet untuk menggunakan kamera dan microfon dari perangkan komputer Anda. Anda kemudian bisa membagikan kode meeting kepada partisipan meeting, mengirim pesan kepada yang hadir meeting, membagikan layar atau slide presentasi dan lain sebagainya.

Jika Anda bukan sebagai host, Anda cukup memasukan kode meeting yang dibagikan oleh host agar bisa masuk dan berpartisipasi di virtual meeting.

Google Meet berdasarkan pengalaman penulis sangat bagus dan layak menjadi salah satu alternatif Zoom yang selama ini sering dan banyak dipakai oleh user dari Indonesia. Namun kelebihannya Google Meet saat ini gratis atau cuma-cuma untuk dipakai tanpa jeda seperti Zoom yang harus setiap jam di ulang untuk yang versi gratisnya.

Bagikan Artikel Ini:

About the author

Peter White

Copyright © 2020. IndonesiaLebihBaik.com Allright Reserved.